Info Lengkap Destinasi Wisata Pantai Klayar Pacitan

Posted on

pantai klayar pacitan

Pantai klayar adalah salah satu pantai di Pacitan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing-tebing dan batu karang. Pantai Klayar Pacitan terletak di dusun Kendal, desa Sendang, kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 40 km dari kota Pacitan ke arah barat. Pantai klayar menyimpan keunikan-keunikan yang menarik hati para wisatawan untuk berkunjung.

Hal-Hal Yang Menarik Dari Pantai Klayar Pacitan

Keunikan pantai klayar terletak pada fenomena sebuah celah di batu karang. Saat ombak yang besar datang, sebagian airnya masuk ke bawah batu kemudian menyembur ke atas sampai 10-15 meter. Fenomena tersebut disebut seruling samodra karena menimbulkan suara yang keras layaknya seruling. Saat-saat tersebut menjadi hal yang paling menarik di pantai ini.

Keindahan pantai klayar juga terletak pada karang yang menjulang tinggi yang bisa langsung anda nikmati begitu memasuki kawasan pantai. karang ini menjadi icon pantai klayar yang terkenal. Di sisi belakangnya juga masih terdapat bukit karang yang lain yang selalu dihantam ombak dari arah laut. Anda juga bisa mendaki bukit karang tersebut untuk menyaksikan pemandangan yang lebih memukau. Telah disediakan tangga beton yang memudahkan pengunjung untuk mendakinya. Dari atas bukit karang ini anda bisa mengabadikan keindahan pantai klayar dengan kamera anda. Namun anda harus tetap berhati-hati agar tidak terpeleset.

Fenomena unik yang lain di pantai klayar terletak di tiga lubang air di celah-celah karang. Warga sekitar menyebutnya sumur. Sumur yang pertama dan paling besar dulunya digunakan sebagai tempat memandikan serta mengobati kuda balap. Sumur kedua dan ketiga yang lebih kecil dinamai warga sebagai sumur Suranyata dan Cindelaras. Warga sekitar percaya kedua sumur ini mempunyai khasiat dan membawa berkah kebaikan.

Akses Menuju Pantai Klayar Pacitan

Jalan menuju pantai klayar Pacitan cukup menantang. Medannya berliku-liku, naik turun, dan melewati deretan bukit dan gua-gua kecil. Untuk sampai ke pantai ini anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor maupun mobil supaya lebih mudah. Sebab belum ada angkutan umum yang mencapai pantai ini. Berikut adalah rute pantai klayar yang bisa anda pilih.

–      Dari arah Pacitan

Dari pusat kota Pacitan anda akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Jika tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menumpang beberapa angkutan yang biasanya digunakan masyarakat dusun Kendal untuk pergi ke pasar. Namun kendaraan-kendaraan ini hanya ada di pagi hari. Jenis angkutan tersebut adalah andongan dan mobil matuk. Selain itu anda bisa naik ojek untuk mengantarkan anda menuju pantai.

–      Dari arah Yoyakarta

Rute yang paling mudah untuk sampai ke pantai klayar adalah dengan mengikuti rute dari daerah gunung kidul melalui wonosari. Butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Jalannya berkelok dan sempit. Disarankan anda menggunakan motor agar lebih mudah. Rutenya adalah sebagai berikut. Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung – Pantai Klayar.

–      Dari arah Solo

Dari arah Solo anda bisa mengambil arah kecamatan Pracimantoro. Kemudian melanjutkan perjalanan sampai di pertigaan Giribelah. Di pertigaan tersebut belok kanan melewati tanjakan panjang yang miring sampai ke perempatan Kalak. Dari daerah Kalak tersebut anda sudah cukup dekat dengan pantai klayar.

Harga tiket masuk pantai klayar Pacitan hanya Rp 10.000,00. Jika anda berasal dari luar kota, anda juga bisa bermalam di sekitar lokasi pantai. Ada beberapa penginapan di pantai klayar Pacitan yang bisa anda pilih. Harga per malamnya beragam, tergantung dari fasilitas yang disediakan. Sekian informasi lengkap tentang wisata pantai klayar pacitan. Perjalanan yang anda tempuh akan terbayar dengan keindahan panorama pantai klayar yang luar biasa.