Info Lengkap Destinasi Wisata Telaga Warna Dieng Wonosobo

Posted on

telaga warna dieng

Dataran tinggi Dieng Jawa Tengah memang menyimpan banyak sekali pesona. Salah satunya adalah telaga warna kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang menjadi obyek wisata andalan. Pemberian nama telaga warna Dieng dilatarbelakangi oleh fenomena alamiah yang terjadi di tempat tersebut. Pada waktu tertentu warna telaga dapat tiba-tiba berubah. Kadang berwarna hijau, suatu saat berubah menjadi kuning, dan terkadang mempunyai warna bak pelangi. Fenomena tersebut sesungguhnya bukan tanpa sebab. Menurut penelitian, air telaga memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Sehingga pada siang hari, sinar matahari yang mengenai air akan menjadikan warnanya berwarna-warni.

Telaga warna ini terletak di Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo dan berada di ketinggian 2000 mdpl. Untuk mengunjungi telaga ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Tak jauh dari telaga warna terdapat beberapa obyek wisata yang bisa sekaligus anda kunjungi karena masih berada di satu kompleks. Salah satunya adalah telaga pengilon Dieng yang letaknya bersebelahan dengan telaga warna. Ada juga goa-goa alam dan bangunan terkenal Dieng Plateau Theater. Jika anda berada di kawasan dataran tinggi Dieng, anda bisa sekalian mengunjungi kawah Sikidang Dieng yang juga menjadi tujuan populer para wisatawan.

Untuk menyaksikan keindahan telaga warna ini, ada beberapa tempat strategis yang bisa anda coba. Dari tempat-tempat tersebut akan nampak warna-warni keindahan telaga warna dan juga telaga pengilon. Termasuk juga pemandangan bukit dan gunung-gunung di sekitarnya. Yang pertama adalah batu ratapan angin. Batu ratapan angin adalah dua buah batu yang terletak di sisi timur telaga warna. Yang kedua adalah wana wisata petak 9 bukit Sidengkeng. Letaknya cukup dekat dengan telaga warna. Dari kedua tempat tersebut anda akan menikmati keindahan telaga warna yang luar biasa.

Legenda / Sejarah Telaga Warna Dieng

Dibalik keindahannya, ada sejarah telaga warna yang perlu anda ketahui pula. Konon, jaman dahulu hiduplah sepasang suami istri bernama Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah. Mereka adalah pemimpin yang adil dan bijaksana di kerajaan Kutatanggeuhan sehingga rakyatnya pun hidup sejahtera. Hanya saja pasangan tersebut tak kunjung dikaruniai seorang anak. Karena istrinya selalu menangis, sang Prabu memutuskan untuk berdoa di dalam hutan untuk meminta seorang anak. Dalam kurun waktu beberapa bulan setelahnya mereka pun dikaruniai seorang putri yang diberi nama Gilang Rukmini.

Sang Prabu dan Ratu sangat menyayangi putrinya tersebut. namun kasih sayang dari kedua orang tuanya itu membuat Gilang Rukmini menjadi sangat manja dan menjadi pemarah saat keinginannya tak terpenuhi. Suatu ketika sang putri merayakan ulang tahun dan mendapat sebuah kalung dari ayahnya. Dengan kesombongannya putri itu menolak dan melemparkan kalung pemberian tersebut. Melihat kejadian tersebut, sang Prabu dan semua penduduk menangis sampai air matanya membanjiri kerajaan. Dari situlah telaga warna ini terbentuk menjadi telaga yang indah.

Jalur Akses dan Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Akses menuju telaga warna Dieng cukup mudah. Dari kawasan wisata dataran tinggi Dieng (DTD) anda akan melewati pertigaan. Di pertigaan tersebut anda harus mengambil jalur kiri untuk menuju ke telaga warna. Jarak antara pertigaan tersebut menuju telaga hanya sekitar 500 meter. Setelah tiba di lokasi, anda hanya perlu membeli tiket masuk telaga warna Dieng sebesar 10 ribu rupiah per kepala. Dengan harga semurah itu anda sudah bisa menikmati keindahan telaga warna yang memukau.

Jika setelah membaca artikel ini anda penasaran akan keindahan telaga warna Dieng, anda perlu meluangkan waktu untuk berkunjung dan melihat sendiri keindahannya. Dijamin anda tidak akan menyesal. Anda juga bisa sekalian mengunjungi beberapa obyek wisata di kawasan dataran tinggi Dieng tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.