Info Terlengkap Destinasi Wisata Alam Hutan Mangrove PIK

Posted on

hutan mangrove pik

Saat jenuh dengan rutinitas kesibukan setiap hari dan rumitnya kemacetan ibukota, anda para warga Jakarta bisa menikmati wisata alam mirip suasana hutan di daerah pinggiran Jakarta. Wisata tersebut adalah hutan mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk). Hutan mangrove ini ada di atas lahan seluas 99,82 hektare dan selalu dipadati pengunjung saat masa liburan. Lokasinya sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata bersama keluarga. Di tempat ini para orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk lebih dekat dengan alam, mengingat Jakarta adalah kota padat pembangunan. Alamat hutan mangrove PIK ada di Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Selain disebut sebagai hutan mangrove, wisata juga dikenal dengan sebutan hutan bakau PIK. Di kawasan inilah terjadi pertemuan antara percabangan sungai dengan laut. Hutan mangrove ini juga menjadi tempat hidupnya beberapa jenis hewan seperti ikan air payau dan kepiting lumpur. Hutan mangrove menjadi kawasan yang dilindungi karena di tempat ini ada beberapa tumbuhan yang hanya bisa hidup di kawasan mangrove. Jumlah tumbuhan tersebut semakin sedikit dari waktu ke waktu. Selain karena tumbuhan tersebut, hutan mangrove juga berfungsi sebagai pelindung garis pantai agar tidak terjadi pengikisan. Manfaat yang lainnya bisa digunakan sebagai tempat rekreasi dan edukasi. Harga tiket masuk wisata hutan mangrove PIK sebesar Rp 25.000 per orang belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Beberapa Tempat Menarik Yang Ada di Hutan Mangrove PIK

Hutan mangrove Jakarta ini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang menawarkan banyak spot menarik untuk pengunjung. Berikut adalah beberapa tempat yang menjadi andalan dari wisata alam ini.

  1. Masjid di atas air

Yang pertama adalah masjid yang mengapung di atas air. Letak masjid ini di area paling depan tak jauh dari pintu masuk. Arah kiblat langsung menghadap ke hutan mangrove. Anda bisa singgah di masjid ini sebelum atau sesudah mengelilingi kawasan wisata.

  1. Spot-spot selfie

Seperti tempat wisata yang sedang hits lainnya, ada banyak spot menarik untuk pengunjung yang ingin berfoto. Ada payung-payung warna-warni yang digantung di atas, ada jembatan cantik yang menjadi rute jalan mengelilingi kawasan, termasuk area perkemahan yang bentuknya sangat unik. Area perkemahan tersebut juga disewakan sebagai tempat menginap dengan biaya sekitar 300 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kamar yang dipilih.

  1. Menara

Saat berwisata ke hutan mangrove, anda bisa melihat area keseluruhan kawasan dari atas menara. Menara ini letaknya cukup tersembunyi karena tertutup oleh rimbunnya pepohonan. Baru akan terlihat ketika anda sampai di area perkemahan. Pengunjung bisa menaiki menara, namun kapasitasnya terbatas untuk 5 orang saja. Sehingga harus bergantian dengan pengunjung yang lain. Dari atas menara anda bisa menikmati semilir angin. Jika anda beruntung anda juga bisa melihat burung-burung bangau laut yang terbang mengitari kawasan.

  1. Wisata air

Di pantai indah kapuk mangrove ini anda juga bisa mencoba wisata air untuk mengelilingi kawasan dengan menggunakan perahu atau boat. Boat akan dikemudikan petugas sehingga anda tinggal duduk santai diatasnya menikmati pemandangan mangrove di kanan kiri. Alternatif yang lain, anda juga bisa merasakan sensasi mendayung sendiri dengan perahu atau kano. Untuk menyewa sebuah boat, anda perlu membayar Rp 300.000,00 – Rp 400.000,00. Untuk perahu dan kano disewakan dengan harga yang sama yaitu Rp 100.000,00.

Akses ke hutan mangrove Jakarta sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Salah satu alternatifnya anda bisa menggunakan busway jenis ¾ dari Monas hingga hutan mangrove yang terletak di dekat sekolah Tzu Chi. Jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa memanfaatkan google map untuk sampai di hutan mangrove PIK ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.